image

Salah satu yang bikin asik moto serangga adalah tantangan untuk mempelajari karakter serangga. Pada umumnya para serangga sangat lincah, sensitif terhadap gerakan dan yang pasti bisa terbang, inilah yang menyulitkan kita untuk bisa moto mereka. Namun jika bisa mengenal karakter serangga dan kebiasaan serangga dalam siklus hidupnya, hal ini bukan menjadi masalah besar.

Hujan di malam hari bisa menjadi salah satu pertanda bahwa esok pagi adalah saat yang tepat untuk moto serangga, karena sayap serangga masih basah terkena air hujan sehingga serangga tidak bisa terbang. Meskipun demikian sebaiknya sesi foto dilakukan setelah matahari mulai terbit, karena saat inilah serangga akan berjemur, para serangga akan keluar dari persembunyiannya, naik ke atas daun untuk mengeringkan sayap mereka, hal ini akan mempermudah sudut tembak dalam eksekusi, terlebih yang mengalami kesulitan jongkok karena sebuah anggota badan mengganjal.

image

Bahkan karena serangga belum bisa terbang, maka dengan mudahnya kita bisa mengambil serangga tersebut dengan jari kita, selanjutnya bisa mengambil momen saat serangga ada di jari kita, ini adalah satu wujud kedekatan fotografer dengan sang model.

image

Selain itu, pagi hari paska hujan di malam hari, jika beruntung bisa menjumpai serangga yang di sayapnya masih terdapat bulir air sisa hujan yang mengenai tubuhnya.

image

Tidak ada sesuatu yang sulit jika dilakukan dengan hati yang suka cita. (dhy)

Advertisements