Kopi, rokok dan tempe goreng menjadi sahabat penghilang lelah. Andri, pak Untung dan anaknya pak Untung ngobrol santai di workshop sablon tempat mereka usaha yang memiliki stempel dagang “Hidayah Sablon”. Pak Untung adalah pensiunan pabrik dan Andri seorang Punk asli Bekasi yang seolah darah pengusaha mengalir disekujur tubuh mereka berdua.

PicsArt_05-02-09.34.54

“Ini bang anaknya pak Untung mau ikut ngaji juga, kemaren saya ceritain saya ikut ngaji seminggu sekali, sebenernya minggu kemaren udah mau dateng eh malah datengnya abis maghrib, salah info bang” ini cara Andri mengajak teman-temannya untuk ikut ngaji, ngobrol tentang Islam dan diskusi tentang kehidupan.

PicsArt_05-02-09.35.57
Mesin Rotary – Produksi Kaos Freedom For Palestine

“Ga tau nih bang, kemaren pas ngobrol sore-sore berdua Pak Untung, sambil browsing gambar di Google, kayanya asik juga nih bikin kaos bertema Palestina, sebagian keuntungan nanti kita sumbangin”, Andri menceritakan latar belakang produksi baju Freedom For Paleatine berwarna putih ini.

PicsArt_05-02-09.36.45
Mesin Press – Setting Temperature 120 derajat celcius

Meskipun sebagian keuntungan baju ini untuk donasi ke Palestina, Andri tak mau main-main dengan kualitas produksinya ” Ini saya pake bahan Cotton Combat 24 bang, tintanya pake tipe Rubber, ini sih dari tadi siang udah kering, tapi biar warnanya lebih keluar dan sablonannya lebih bagus, saya press sekali lagi dulu ya bang”, Pak Untung membantu proses press dengan setting temperatur 120 derajat celcius.

PicsArt_05-02-09.38.25
Packing Plastik Freedom for Palestine

“Nanti tolong bantu penyaluran dana buat Palestina ya bang, kalo ada gambar-gambar yang bagus tentang perjuangan Palestina boleh tuh bang di kirim ke saya, buat variasi gambar” bincang Andri sambil packing kaos yang sudah selesai di press.

Untuk produksi perdana Andri hanya menyediakan satu gambar saja dengan ukuran S, M, L dan XL lengan pendek dengan warna putih polos, dengan harga paling murah 50 ribu Rupiah untuk ukuran S dan 65rb untuk ukuran XL ,harga tersebut sudah termasuk keuntungan yang akan disumbangkan ke rakyat Palestina.

PicsArt_05-02-09.39.49
Pencatatan Pembelian Kaos Freedom for Palestine

“Saya catet dulu ya bang, biar pembukuan keuangannya rada rapih” sambil menulis jumlah dan harga masing-masing kaos Freedom for Palestine ke dalam kuitansi 2 rangkap.Di akhir cerita Andri mengungkapkan rasa kangen terhadap suasana mabit yang beberapa tahun lalu yang sering ia ikuti di Masjid Islamic Center Bekasi. (Dhy)

Advertisements