image
Gerai Service Jam Pak Pung

Dulu saya sebelum buka service jam ini, setelah lulus SMA di Garut saya langsung ke Bekasi ikut mamang, pertama ke Bekasi saya kerja di pabrik baja di daerah cakung, gaji saya waktu itu 30 ribu per bulan, nah mamang saya yang udah duluan ke Bekasi kerjanya ya service jam begini, dulu tahun 75 sehari mamang saya bisa dapet 25 sampai 45 ribu, itu kan sama kaya gaji saya sebulan.

image
Pak Pung Sejak 1975

Sutendi yang lebih dikenal dengan panggilan Pak Pung adalah pria Kelahiran Garut bertempat tinggal di Kranji dan sehari-hari menggelar jasa servis jam di area pasar lama proyek Bekasi, dengan etalase khas tukang service jam sebagai tempat kerja dan display jam bekas yang dijualnya.

image
Mesin Jam Korban Belajar Pak Pung

Ini mesin-mesin jam jaman dulu yang saya pake buat belajar sama mamang saya, waktu mamang ngajarin saya dia bilang saya ada bakat, saya disuruh seriusin, ya akhirnya saya keluar dari pabrik dan mulai buka usaha service jam ini di sini.

Pang Pung dikarunia 3 orang anak, 2 orang sudah bekerja di pabrik dan 1 orang lagi masih sekolah.

Alhamdulillah anak saya yang pertama sekarang udah bisa bantu-bantu bapaknya, meskipun belum nikah, dia udah beli rumah di Cikarang, kerja di pabrik spare part buat Toyota.

Dulu mah rame yang service jam, sekarang mah sepi, tahun 75 pasar lama itu pasar sayuran, becek, dulu pasar di Bekasi ya cuma ada di sini, makanya disebutnya pasar lama, nah saat pasar ini dibangun, orang-orang kampung pada bilang “yuk kita ke proyek” jadi nama proyek karena dulu ada proyek pembangunan pasar lama dari becek jadi ada kios-kios nya.

Saat pertama kali kios di pasar lama jadi, orang-orang kalo masuk pasar itu sendalnya dilepas, jadi di pintu masuk pasar banyak sendal, mirip kaya di masjid.

Kalo Toko Semar itu dari dulu emang agen, jual sembako sama rokok, toko-toko disebelah Toko Semar itu dulu jualan nasi uduk, sama warung-warung jelek gitu deh, ga sebagus sekarang, jalan raya ini juga masih jelek belum di aspal

Tahun 80-an baru deh ada cuci cetak foto, trus mulai ada yang jual elektronik, Hembo juga mulai dibangun.

image
Perlengkapan Tempur Pak Pung

Sekarang saya mah nikmatin aja, peralatan saya dari dulu ya gini-gini aja, alhamdulillah udah bisa nyekolahin anak 3, yang satu udah kerja di Astra, meskipun sekarang saya rumah masih ngontrak, yang penting anak saya udah kerja tetap, udah punya rumah sendiri dan bisa bantu biaya sekolah si bontot. (Dhy)

